Let's Save The Javan Rhinos!

Halo, saya ingin mengajak teman-teman untuk membantu konservasi badak tepatnya Badak Jawa melalui program WWF Indonesia. Pada post kali ini saya akan menjelaskan inisiatif saya secara keseluruhan dan juga status serta rinciannya.

Mengapa Badak Jawa ?
range Badak Jawa
Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus atau badak bercula satu) adalah salah satu spesies terlangka di dunia. Status badak ini adalah critically endangered dan masuk ke dalam red list UICN. Badak Jawa sebelumnya tersebar di gunung-gunung Pulau Jawa dan Sumatra, juga di beberapa negara Asia seperti Vietnam hingga Cina. Namun saat ini populasi Badak Jawa di dunia hanya tersisa di Indonesia. Badak Jawa terakhir di Vietnam dipastikan sudah punah pada tahun 2010 akibat pemburuan liar, dan keberadaannya di Indonesia pun hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon (menurut penelitian tidak ada lagi Badak Jawa di alam liar). Estimasi terbaru populasi Badak Jawa adalah 35 ekor di seluruh dunia.

Sebelumnya pada tahun 1960-an, di Ujung Kulon hanya tersisa 20-30 ekor saja, namun setelah bantuan dari WWF populasinya sempat meningkat hingga 2 kali lipat. Badak Jawa masih sangat membutuhkan bantuan hingga saat ini. Apabila kita kehilangan populasinya saat ini di Jawa, sama artinya dengan kehilangan seluruh spesies badak ini di dunia.



Penyebab Langkanya Populasi Badak Jawa


pada jaman kolonial pemburuan Badak Jawa sangat marak
Selain faktor-faktor alam seperti bencana alam, penyakit, dan populasinya yang sudah terbatas sehingga semakin menyulitkan proses breeding; faktor utamanya (lagi-lagi) adalah keserakahan manusia.
Habitatnya hancur karena penggundulan hutan oleh manusia. Culanya diambil untuk kesombongan pribadi para pemburu. Terlebih lagi, cula ini sangat berharga dalam pengobatan Cina sehingga harganya sangat mahal. Ya begitulah kita, sering mengambil tapi lupa membalas budi.



Apa yang akan dilakukan dengan uang donasi ?

WWF membutuhkan dana untuk mengatur habitat badak yang sudah ada di Ujung Kulon sekaligus menciptakan habitat baru untuk berjaga-jaga apabila terjadi bencana di Ujung Kulon. WWF juga memerlukan dana untuk meningkatkan populasi badak seperti dana untuk obat-obatan dan juga breeding. Populasi badak ini juga perlu dipantau dengan kamera maupun oleh petugas patroli untuk menjaganya dari pemburuan liar. Dana juga akan digunakan untuk menekan jumlah pohon Angera, pohon yang menyebabkan turunnya sumber makanan bagi badak.



Prosedur


Saya ingin mengumpulkan dana teman-teman sebelum disalurkan ke WWF, sehingga pemberian dana donasi melalui saya terlebih dahulu.
Kenapa?

Di WWF terdapat 6 paket adopsi Badak Jawa, berikut adalah nama dan minimal donasinya:

  1.  Paket basic IDR 250 ribu
  2.  Paket advanced IDR 750 ribu
  3.  Paket family IDR 2 juta
  4.  Paket silver IDR 10 juta
  5.  Paket gold IDR 50 juta
  6.  Paket platinum IDR 100juta
Target saya untuk saat ini adalah 2juta sehingga dapat didonasikan ke paket family, dengan jangka waktu selama 1  minggu (terhitung dari tanggal 31/1/2013). Namun apabila bisa lebih tentu akan lebih baik lagi. 


Donasi dapat ditransfer ke rekening BCA saya Sherly Septiani 527.0879.898.

Apabila sudah mentransfer dan ingin konfirmasi/ingin menghubungi saya.
Seluruh hasil pengumpulan dana dan status donasi akan saya lampirkan di blog ini yaitu di link berikut : http://sherly-septiani.blogspot.com/2013/01/rincian-donasi-badak-jawa.html


Hadiah

Setiap donasi akan mendapatkan hadiah dari WWF tergantung paket yang diambil, contohnya mendapatkan plush toy rhino. Hadiah yang didapatkan akan saya berikan kepada penyumbang terbanyak.


Catatan Penting :
  • Donasi (sebaiknya) minimal Rp 50.000,00
  • Donasi tidak berkala, hanya dilakukan 1 kali
  • Donasi dapat ditransfer langsung ke BCA Sherly Septiani 527.0879.898
  • Sebaiknya setelah transfer hubungi saya untuk konfirmasi
  • Seluruh laporan keuangan, status, dan bukti donasi akan saya terus update dan lampirkan di link ini : http://sherly-septiani.blogspot.com/2013/01/rincian-donasi-badak-jawa.html
  • Hadiah akan diberikan kepada penyumbang terbanyak

“The simplest acts of kindness are by far more powerful then a thousand heads bowing in prayer.” 
― Mahatma Gandhi



animal
January 30, 2013
0

Search

Popular Posts

DELF B2 : Production écrite

La municipalité de votre ville a décidé de vendre un espace boisé à une société…

Latin: The Ghost of A Dead Language

Latin language is prevalent in today's society throughout the field of scie…

Calvin and Hobbes: A Boy and an Ontology of a Stuffed Tiger

Calvin and Hobbes is a comic strip by Bill Watterson revolving around a lovable…

Contact Me